Khasiat dan Manfaat Keladi Tikus. Mungkin nama keladi tikus belum banyak dikenal orang. Keladi tikus atau typhonium flagelliforme telah lama dikenal dalam herbal pengobatan cina sejak jaman dahulu kala. Banyak sebutan untuk keladi tikus di Indonesia antara lain daun panta susu, kalamayong, ileus, trenggiling mentik dan masih banyak lagi lainnya. Dari namanya yang sepele ini, keladi tikus memiliki manfaat yang luar biasa besarnya bagi kesehatan. Adalah kandungan zat Ribosome Inacting Protein yang memiliki peran penting dalam penyembuhan penyakit.
RIP adalah zat yang bermanfaat dalam mencegah penyebaran sel kanker. RIP tidak hanya menghambat dan mencegah penyebaran sel kanker saja, zat yang dikenal juga dengan ribosome inactivating protein juga memiliki kemampuan dalam menghancurkan sel-sel kanker di dalam tubuh tanpa harus merusak sel-sel normal di dalam tubuh. Senyawa ini memiliki antioksidan tinggi juga bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Antioksidan yang dihasilkan adalah antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan gen pada penderita kanker.

Keladi tikus

Tak hanya mengandung senyawa RIP saja, umbi keladi tikus juga mengandung zat kurkumin yang merupakan senyawa antiinflamasi atau zat anti peradangan. Dalam penyembuhan kanker, zat ini bermanfaat untuk mengaktifkan mediator atau perantara. Mediator itu bisa merangsang penguatan sel dalam sistem imunitas sehingga mereka bersama-sama bisa melawan kanker. Bagi para pasien kanker yang menjalani kemoterapi pun, keladi tikus ini mampu menghilangkan efek buruk dari kemoterapi dan radioterapi yang dijalankan seperti mual, rambut rontok dan muntah-muntah.

Masih terdapat banyak khasiat dari umbi keladi tikus yang perlu kita ketahui, antara lain:

  1. Anti bakteri dan virus
  2. Menangkal radikal bebas
  3. Detoksifikasi tubuh dari racun
  4. Menghambat dan menyembuhkan kanker
  5. Mampu menetralisir racun narkoba
  6. Sebagai anti inflamasi

Kita telah mengetahui khasiat dari kandungan K-Muricata satu per satu, lalu bagaimana jika kedua tanaman herbal ini dipersatukan? Hasilnya adalah K-Muricata. Acetogenins yang terdapat dalam daun sirsak dan RIP yang terdapat pada keladi tikus saling bekerjasama untuk menumpas sel kanker sampai ke akar dan menghalaunya untuk hidup kembali.

Beberapa khasiat dari K-Muricata antara lain:

  1. Membantu menghancurkan sel tumor dan kanker
  2. Membantu menghambat pertumbuhan sel tumor dan kanker
  3. Membantu menurunkan kolesterol
  4. Membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh
  5. Membantu mengurangi efek kemoterapi
  6. Membantu menetralkan racun (Detoksifikasi)
  7. Membantu mengatasi tekanan darah tinggi / hipertensi
  8. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh
  9. Membantu mengatasi dan mengobati ambeien (wasir)
  10. Sebagai anti virus dan anti bakteri
  11. Sebagai anti radikal bebas dan anti kanker
  12. Sebagai anti inflamasi dan anti peradangan