Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak

Sirsak, (Annona Muricata Linn) merupakan kerabat dekat srikaya (Anona squamosa Linn). Tanaman sirsak berasal dari daerah tropis Amerika, yaitu sekitar Peru, Meksiko, dan Argentina. Di tempat asalnya, sirsak merupakan buah penting dan bergengsi. Sirsak sangat populer karena aromanya yang tajam serta memiliki sensasi rasa yang manis keasaman.

Banyak sekali Kandungan senyawa Bioaktif Fitokimia yang ditemukan dalam tanaman Sirsak,salah satu komponen bermanfaat yang terpenting adalah Annonaceous Acetogenins,senyawa ini hanya ditemukan pada keluarga Annonanceae yang awalnya dikenal sebagai Pestisida dan antiparasit.

Sebenarnya banyak ilmuan yang telah mempelajari sifat senyawa tersebut sejak tahun 1940. Senyawa Acetogenins telah banyak digunakan dalam penelitian Ilmiah kedokteran.Bahkan klaim mengenai kedahsyatan manfaat Acetogenins telah dipublikasikan di berbagai jurnal Internasional.
Penelitian Pertama mengenai Sitotoksik Acetogonins dilakukan oleh Universitas Purdue,di west Lafayette, Indiana,Amerika Serikat.

Penelitian lain yang membuktikan khasiat kandungan Acetogenins di berbagai Negara dibiayai oleh Lembaga Institut Kanker Nasional,Amerika Serikat.

Dari hasil penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa sebanyak 20 tes Laboratorium menemukan bahwa daun dan batang Anona Muricata Linn memiliki Sitotoksitas terhadap Sel kanker.

Acetogenins adalah kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik di dalam tubuh dengan cara menghambat Transport ATP atau energy yang digunakan sel Kanker untuk berkembang.

Pada tahun 1976 sebuah penelitian mengadakan penelitian lagi dan menemukan bahwa daun sirsak mengandung zat Annonaceous Acetogenins yang memiliki senyawa anti tumor dan anti kanker yang potensial tanpa merusak sel yang sehat. Kemampuannya membunuh sel-sel kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan zat yang terdapat dalam pengobatan kemoterapi yaitu zat Adriamycin.

Penghambat Acetogenins Terhadap sel Kanker Senyawa Acetogenins Para peneliti Jepang dan Indonesia menemukan bahwa Annonaceous Acetogenins mengandung Annonacin dan 82 tipe Acetogenin yang dapat menghancurkan sel kanker payudara, kulit, paru-paru, usus,prostat, dan bermacam kanker lainnya.Ekskresi/pengeluaran sel kanker yang mati bisa melalui keringat, urin dan feses.

Juga Daun Sirsak telah digunakan secara Tradisional untuk mengobati dan menyembuhkan berbagai macam Penyakit diseluruh belahan dunia,penjelasannya dapat anda simak pada table berikut :

Di beberapa Negara/Daerah khasiat dan manfaat dari daun sirsak

  1. Andes Peru mengobati Radang Selaput Lendir, karena Penyakit Asma
  2. Amazonia Peru Mengobati Diabetes,Penenang,Anti Kejang
  3. Kalimantan dan Afrika Meredakan Demam
  4. Madagaskar Mengobati Penyakit Liver
  5. Togo Mengobati Malaria
  6. Guatemala Cacingan pada Anak-anak
  7. Di Guam Mengobati Asma
  8. Serawak,Malaysia Mengatasi Hipertensi atau tekanan Darah tinggi
  9. Amazonia Brazil (Suku Asli) Sebagai Obat Tonik,Obat Penenang,Obat Jantung,dan penyakit Liver
  10. Hindia Barat Sebagai Obat Penenang dan Obat Tidur
  11. British Guyana Untuk mengobati Orang Mabuk
  12. Hollander Antilles Sebagai Obat penyenyak tidur
  13. Equador Sebagai Obat Analgesik dan Antispasmodik
  14. Hindia Barat Mengobati penyakit kandung Empedu, Pilek, Radang Selaput Lendir hidung, diare, disentri dan gangguan pencernaan, Serta mendinginkan darah, seperti membantu proses melahirkan, mengompres basah radang dan kaki bengkak, menghilangkan pembengkakan bekas operasi tanpa memberikan bekas luka, serta mengobati kelainan kulit lain, Rematik

KANDUNGAN YANG TERDAPAT DALAM SIRSAK

Kandungan  Buah Sirsak :

Buah sirsak  kaya akan fitonutrien dan fitokimia. Berbagai riset menunjukkan bahwa sirsak kaya antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit. Antioksidan yang terkandung dalam buah sirsak antara lain adalah vitamin C. Kandungan vitamin C dalam setiap 100 g jus buah sirsak sebesar 20 mg. Oleh karena itu, buah sirsak merupakan salah satu buah penting sebagai sumber vitamin C.

Mekanisme kerja vitamin C sebagai antioksidan yaitu menangkap dan meredam zat-zat berbahaya yang dapat membahayakan dan merusak sel tubuh. Tubuh kita sangat membutuhkan vitamin C. Bila tubuh kekurangan vitamin C maka akan meningkatkan resiko timbulnya berbagai penyakit seperti kanker, diabetes mellitus, penyakit hati dan penyakit mata.

Selain Vitamin C, Sirsak juga kaya akan Antioksidan lain dalam bentuk fitokimia diantaranya senyawa :

  1. Aseltahid,
  2. Amiloid
  3. Anonain
  4. Anomurisin
  5. Ananol
  6. Athterosperminin
  7. Betasitosterol
  8. Kampesterol
  9. Sitrulin
  10. Galaktamanan
  11. Prosianidin dan
  12. Tanin

Kandungan Gizi  buah sirsak adalah sbb:

  1. Buah sirsak terdiri dari 67,5 % daging buah,
  2. 20 %  kulit buah,
  3. 8,5 % biji buah, dan
  4. 4 %  inti buah.
  5. Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9% – 93,6 % dari kandungan gula total.
  6. Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g), sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositra
  7. Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah.  Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (tetap awet muda).
  8. Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg/100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.
  9. Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non gizi. Salah satu diantaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/ 100 g daging buah. Konsumsi 100 g daging buah dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari.
  10. Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan senyawa fitokimia, sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.
  11. Senyawa fitokimia tersebut dipastikan memiliki khasiat bagi kesehatan.

MANFAAT DAUN SIRSAK

Berbagai manfaat sirsak untuk terapi antara lain pengobatan :

Manfaat Daun Sirsak Sebagai Anti Kanker

Studi di Purdue University membuktikan bahwa daun graviola mampu membunuh sel kanker /tumor yang sangat kuat, dan terbukti secara medis menyembuhkan segala jenis kanker. Selain bermanfaat menyembuhkan kanker,Beberapa penelitian yang dilakukan oleh pihak independen akhirnya menghasilkan laporan yang sangat mencengangkan terhadap manfaat daun sirsak. Antara lain :

  1. Secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, seperti kanker : Usus Besar, Payudara, Prostat, Paru-paru, dan Pankreas.
  2. Kekuatan daya kerja daun sirsak 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan Adriamicin dan Terapi Kemoterapi yang biasa di gunakan
  3. Bisa mengeluarkan batu empedu,
  4. anti sembelit, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar).
  5. meningkatkan selera makan. Selain itu Sari buah (jus) sirsak di dalam sistem pencernaan
  6. buah sirsak juga bermanfaat sebagai anti bakteri,
  7. anti jamur (fungi),
  8. efektif melawan berbagai jenis parasit / cacing,
  9. menurunkan tekanan darah tinggi/hipertensi,
  10. Meredam depresi/stress dan menormalkan kembali system syaraf yang kurang baik.
  11. osteoporosis,
  12. bisa membuat awet muda. meningkatkan daya tahan tubuh, ,
  13. menyembuhkan wasir
  14. Mengeliminasi radikal bebas, mengeringkan sel kanker, menyembuhkan peradangan dalam tubuh, dan terutama meningkatkan stamina pasien agar tubuh tidak lemah.
  15. Menyembuhkan peradangan, misalnya radang tenggorokan, usus, pencernaan, ambeien, dan diabetes.
  16. Mencegah dan menyembuhkan asam urat
  17. Menyembuhkan penyakit kadar kolesterol jahat yang tinggi.
  18. Bagi pria, daun sirsak menambah jumlah dan memperkuat sperma.
  19. yang  ampuh lagi buah sirsak muda, dengan diparut dan diperas.Airnya diminum bagi penderita diabetes karena airnya berhkasiat mengendalikan diabetes.

Manfaat Lain Daun Sirsak Sebagai :

  1. Antibakteri (Menghambat perkembangan bakteri)
  2. Antiviruss (Menghambat perkembangan virus)
  3. Antikanker (Menghambat perkembangan kanker)
  4. Antitumor (Menghambat perkembangan tumor)
  5. Antiparasit (Menghambat perkembangan parasit)
  6. Antimalaria (Antimalaria)
  7. Antileishmania (Antileishmania)
  8. Antipasmodik (Zat yg bersifat merelaksasi otot polos)
  9. Antikonfulsan (Antikejang)
  10. Astrigen (Zat yang bersifat mengerutkan/menciutkan selaput lendir)
  11. Antimutagenik (Zat yang bersifat menghambat mutasi gen)
  12. Analgetik (Zat yang dapat meredakan rasa nyeri / sakit)
  13. Antiinflamasi (Zat yang bersifat menekan peradangan)
  14. Febrifuge (Zat yg bersifat menurunkan demam)
  15. Hipotensif (Zat yang bersifat menurunkan tekanan darah)
  16. Hipoglikemik (Zat yang bersifat menurunkan kadar gula darah)
  17. Nervin (Menguatkan syaraf / tonik syaraf)
  18. Kardiodepresan (Menekan aktivitas jantung)
  19. Galakt0gogue (Zat yg dapat meningkatkan produksi asi)
  20. Sedatif (Zat yg bersifat menenangkan)
  21. Stomakik (Zat yg menguatkan lambung dan menambah nafsu makan)
  22. Vasodilator (Zat yg bersifat melebarkan pembuluh darah)
  23. Vermifuge (Zat yg dapat membunuh cacing usus)
  24. Diuretik (Peluruh airseni)
  25. Tranquilizer (Zat yg bersifat menenangkan)

Dokter sekaligus herbalis dr. Paulus Wahyudi Halim menyatakan pendapatnya di majalah Trubus sehubungan dengan pengobatan kanker, “Tak ada peluru ajaib untuk menembak kanker. Tanaman obat harus campuran sehingga sinergis dan hasilnya maksimal. Sinergisme juga menetralisir efek samping.”

Daun sirsak ini sifatnya seperti kemoterapi, bahkan lebih hebat lagi karena daun sirsak bermanfaat hanya membunuh sel sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel sel yang tumbuh normal. Sedangkan kemoterapi masih ada efek membunuh juga sebagian sel-sel yang normal.

Ekstrak daun sirsak juga memiliki Aktifitas Sitotoksik terbesar dan paling kuat saat ini.Nilai LC pada daun sirsak yang rendah menunjukkan kekuatan sitototik acetogenesis yang tinggi juga dan sudah tidak diragukan dalam menyerap Radikal Bebas didalam tubuh dengan cepat.Karena itu Aecetogenis sangat berkhasiat sebagai racun yang menghambat pertumbuhan abnormal berbagai macam penyakit.

Jika digunakan sebagai tanaman obat,sebaiknya ditanam di halaman rumah atau di kebun dan ambil daun sirsak dari situ jangan ambil daun sirsak yang sudah tercemar dengan polusi seperti pohon sirsak yang ada di pinggir jalan
Karena sirsak berguna juga untuk menjaga ketahanan tubuh, orang yang sehat disarankan minum air daun sirsak dan makan buah sirsak, mengikuti terapi air daun sirsak. Ada yang merasa tidak nyaman Ini adalah reaksi awal. Jangan panik dan jangan menyerah, lalu mempersalahkan air daun sirsak yang menjadi gara-gara. Jika air daun sirsak mulai menyerang sel-sel kanker, sel-sel yang mati ibarat racun yang harus dikeluarkan dari tubuh. Jelaslah keseimbangan tubuh diganggu, sehingga tubuh otomatis mencari keseimbangan baru. Puing-puing sisa sel-sel kanker yang mati pastilah berpengaruh kepada organ tubuh yang lain. Tubuh bereaksi seperti :

  1. suhu tubuh meningkat tajam, badan berkeringat banyak, otot-otot terasa nyeri, metabolisme tubuh seolah “terganggu”, pencernaan mulai menyesuaikan diri.
  2. Kalau kita sering kencing atau diare sehingga sering ke toilet, pikirkan saja bahwa sel-sel mati dan racun dalam tubuh kita dikeluarkan mellui air kencing dan faeces (tahi).
  3. panas-dingin,
  4. perut nyeri, diare,
  5. punggung panas,
  6. perut terasa mual, nafsu makan tiba-tiba hilang.
  7. Dan keluhan lainnya

Teruskan terapi air daun sirsak. Secara bertahap tubuh akan menyesuaikan diri sehingga konsumsi air daun sirsak menjadi kebiasaan. Cepat atau lambat gejala-gejala awal itu akan berkurang dan menghilang.

Manfaat  Lain daun sirsak juga banyak digunakan sebagai obat, zat yang terdapat pada intisari daun sirsak sangat efektif dalam memerangi dan menjadi bahan obat. Berikut adalah daftar khasiat yang diberikan sirsak dalam efeknya sebagai obat.

  1. Antibakteri : Untuk Menghambat pertumbuhan bakteri
  2. Antivirus: Untuk menghambat perkembangan virus
  3. Antikanker: Untuk Menghambat perkembangan kanker
  4. Antitumor: Untuk Menghambat pertumbuhan tumor
  5. Antiparasit: Untuk Menghambat perkembangan parasit
  6. Antimalaria: Mencegah malaria
  7. Antileishmania: Antileishmania
  8. Antispasmodic: Zat yang dapat merelaksasikan otot polos
  9. Antikonfulsan: antikonvulsan
  10. Astrigen: Zat yang kerut / menciutkan selaput lendir
  11. Antimutagenik: Zat yang menghambat mutasi gen
  12. Analgesik: Zat yang dapat mengurangi rasa sakit / nyeri
  13. Anti-inflamasi: Zat yang menekan peradangan
  14. Obat penurun panas: Zat yang dapat menurunkan panas demam badan
  15. Hipotensi: Zat yang menurunkan tekanan darah
  16. Hipoglikemik: Zat yang menurunkan kadar gula darah
  17. Nervin: Untuk memperkuat saraf / saraf tonik
  18. Kardiodepresan: Menekan aktivitas jantung
  19. Galactogogue: Zat yang dapat meningkatkan produksi ASI
  20. Obat penenang: Zat yang menenangkan
  21. Stomakik: Zat yang memperkuat perut dan meningkatkan nafsu makan
  22. Vasodilator: Zat yang melebarkan pembuluh darah
  23. Vermifuge: Zat yang dapat membunuh cacing usus
  24. Diuretik: The emetik dari aurine
  25. Penenang: Zat yang menenangkan